Ayat-ayat Cinta 2 - Bagian 15

"Maksud Hoca, apa menjelaskan hal itu? Apa hubungannya dengan saran saya agar Hoca beristirahat?"

Fahri tersenyum.

"Saya ingin paman dan seluruh saudara Muslim di sini memahami kondisi ini. Pekan Ialu di Edinburgh Central Mosque, saya mendengar dua orang berbincang, satu orang bercerita anak perempuannya yang berjilbab tidak diterima kerja di sebuah toko elektronik di Glasgow, sementara dua orang teman perempuannya yang bule diterima. Padahal mereka sama-sama Iulusan Glasgow  University, dari jurusan yang sama. Bahkan nilai akademis anak yang berjilbab itu lebih baik. Ketika bagian HRD toko elekronik itu ditanya mengenai hal itu, ia hanya menjawab ada banyak pertimbangan dalam menerima karyawan."

"Kemarin saya menemukan data di internet yang diberitakan oleh BBC pada tanggal 16 Juni 2008, seorang gadis Muslimah berjilbab bernama Bushra Noah memenangkan gugatan sebesar £4,000 atas Sarah Desrosiers yang melakukan diskriminasi agama, sebab menolak Bushra bekerja di salonnya di King's Cross, Central London, hanya karena Bushra berjilbab."

"Secara undang-undang negara tidak boleh diskriminasi. Tetapi praktiknya tetap ada perlakuan diskriminasi bahkan intimidasi terhadap orang Islam, terutama setelah peristiwa 11 September 2001 dan bom London pada 7 Juli 2005."

"Paman, sekarang ini kita berada di dunia global. Ibaratnya, jarum yang jatuh di pinggir Kota Adana, kota kelahiran paman yang jauh di Turki sana, dalam hitungan beberapa detik telah terdengar sampai di London, Musselburgh ini, New York, bahkan terdengar sampai Jakarta, Indonesia. Hal-hal positif atau negatif sekecil apa pun bisa tersebar ke mana-mana."

"Dan kita berada di tempat di mana profesionalitas dan kapabilitas masih cukup dihargai. Sarah Desrosiers itu tidak profesional, maka dia kalah di pengadilan. Titik ini yang seharusnya setiap Muslim memahaminya, sehingga tidak akan mudah berkeIuh-kesah karena diskriminiasi, konspirasi dan sejenisnya."

"Cara melawan itu semua adalah dengan menunjukkan bahwa kita, umat Islam ini berkuaJi tas. Bahkan harus lebih berkualitas dan lebih prolesional dibanding orang-orang asli penduduk sini. Sudah menjadi naluri bahwa penduduk asli mendapatkan prioritas. Itu yang harus kita sadari. Maka kita harus menunjukkan memiliki nilai lebih yang tidak dimiliki penduduk asli. "

"Paman, inilah yang sedang saya lakukan. Sudah saya lakukan sejak saya mengambil doktor di Jerman. Jika orang Jerman melakukan penelitian empat jam sehari, maka say a harus delapan jam. Di sini, jIka riset untuk postdoc biasanya selesai dalam waktu dua tahun, maka saya harus bisa lebih cepat dari orang-orang pada umumnya, dengan kualitas yang lebih baik atau minimal sama. Masih ada waktu setengah tahun Iagi bagi saya menyelesaikan riset, paman. Tetapi saya ingin malam ini selesai dan besok sudah saya print dan saya serahkan kepada pihak kampus."


(Bersambung)



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ayat-ayat Cinta 2 - Bagian 15

0 komentar:

Posting Komentar