Ayat-ayat Cinta 2 - Bagian 19



Kesadarannya seperti telah terprogram, setengah jam menjelang Shubuh ia bangun, langsung berwudhu, shalat dua rakaat dan turun ke bawah. Paman Hulusi ternyata juga telah bangun. Ia sedang di kamar mandi berwudhu. Sejurus kemudian keduanya sudah keluar rumah menuju mobil, untuk shalat shubuh berjamaah di Edinburgh Central Mosque yang berdiri di samping kampus utama The University of Edinburgh.

"Astaghfirullaah. "

"Ada apa Hoca?"

Fahri mengisyaratkan agar melihat coretan di kaca depan mobil SUV. Paman Hulusi tersentak. Coretan Itu berbunyi: ISLAM = SATANlC !

"Bu haddi asan bir hadise izin verilmemeli!" 1 kata Paman Hulusi sangat geram setengah berteriak. Jika ia telah menggunakan babasa Turki-nya, itu tanda Paman Hulusi sudah sangat marah.

"Sabret, heyecanlanma Amca.” 2 Fahri menenangkan.

Dalam satu bulan ini, itu adalah kali ketiga kaca depan Fahri di coret-coret dengan kata yang merendahkan Islam dan Muslim. Dan selama ini Fahri bersabar saja, ia tidak mengadukan peristiwa itu kepada organisasi-organisasi yang menangani kasus-kasus terkait Islamofobia atau anti-Muslim seperti The Islamic Human Rights Commission, atau Tell Mama yang dijalank an oleb Faith Matters. Fahri khawatir yang melakukan tindakan tidak bertanggung jawab itu ternyata adalah salah satu tetangganya yang akan membuat tetangganya itu semakin jauh darinya jika ia melibatkan organisasi formal atau lembaga hukum formal. Sedikit hal yang membuatnya lega adalah babwa coretan itu tidak menggunakan tinta atau cat permanen, kelihatannya menggunakan spidol white board yang sangat mudah dibapus. Fahri menghapus tulisan itu dengan tangannya.

"Kita sedikit ngebut supaya tidak terlambat jamaah," gumam Fahri ketika sudah masuk mobil.

Mobil itu bergerak meninggalkan garasi. Tanpa disadari oleh Fahri, sepasang mata dari balik jendela sebuah kamar yang gelap memerhatikan mobil itu dengan saksama. Wajah pemilik mata itu tampak dingin, namun menyiratkan kepuasan.

•••

Edinburgh Central Mosque atau orang-orang Arab menyebutnya Masjid Edinbrah AI-Markazi adalah Masjid utama umat Islam di Kota Edinburgh. Masjid itu terletak di jantung kota Edinburgh. Tepat di sisi timur kampus utama The University of Edinburgh. Dari Princes Street Gardens atau dari The Royal Mile, dua jalan paling legendaris di Kota Edinburgh, Masjid itu bisa dijangkau beberapa menit dengan jalan kaki.


(Bersambung)

1 Bahasa Turki, artinya : Perbuatan ini sudah melampaui batas, tidak bisa dibiarkan!
2 Bahasa Turki, artinya : Sabar, jangan emosi, paman.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ayat-ayat Cinta 2 - Bagian 19

0 komentar:

Posting Komentar